Jual Arang Bambu Untuk Makanan

Arang Bambu Untuk Makanan – Amankah penggunaan arang bambu untuk makanan? maraknya penggunaan arang bambu / Bamboo Charcoal yang diaplikasikan untuk makanan menimbulkan banyak pertanyaan tersebut.

Jansen Ongko, Msc, RD seorang ahli gizi ingin meluruskan informasi, bahwa arang yang digunakan untuk bahan makanan merupakan bukan dari arang hasil pembakaran ÔÇťArang ini sebenarnya adalah zat karbon yang sudah melalui tahap proses pemurnian sehingga tidak mengandung zat kimia lain,.

Beliau mengatakan bahwa konsumsi arang / zat arang yang dapat masuk ke tubuh dalam jumlah kecil masih bisa ditoleransi dan tidak berbahaya. Karena di dalam dunia medis, zat arang atau arang aktif sering digunakan untuk obat khususnya yang berkaitan dengan keracunan.

Jansen mengatakan zat arang ini sifatnya menyerap apapun yang ada dalam sistem pencernaan, dan daya serapnya cukup tinggi. Maka dari itu jika dikonsumsi dalam jumlah besar bisa berbahaya karena zat atau nutrisi dalam tubuh juga akan terserap dan terbuang, dan akan mengakibatkan tubuh kekurangan nutrisi dan dehidrasi.

Berapa batas aman konsumsi zat arang ini? Jansen mengatakan untuk batas aman dan takaran sampai saat ini belum pasti, karena penggunaan zat arang untuk konsumsi tergantung dari kasus , kondisi tubuh, serta aplikasi zat arang tersebut. Hingga sampai saat ini penelitian lebih intens untuk zat arang bagi tubuh manusia masih berlanjut hingga sekarang.

Beberapa waktu lalu, media sempat dibuat heboh karena ada seseorang dari jepang mengkonsumsi burger hitam dan diolah dengan arang, orang tersebut melaporkan toko burger tersebut karena setelah buang air besar, kotorannya berubah menjadi hitam.

Pada dasarnya jika terdapat zat arang pada tubuh, maka kotoran yang keluar otomatis juga menjadi hitam, namun berkaca pada kasus burger jepang diatas, apakah dengan sedikit saja sudah bisa merubah warna kotoran kita? itu kembali lagi dari kondisi organ dalam kita dan arang apa yang digunakan untuk konsumsi itu.

Secara keseluruhan penggunaan zat arang pada makanan khususnya arang bambu yang saat ini sedang marak adalah cukup aman, dalam tanda kutip jumlah penggunaan dan konsumsi masih dalam batas wajar dan tidak berlebihan, serta ada baiknya juga pemilik usaha yang menggunakan zat arang pada makanannya juga menginformasikan kepada para konsumen bahwa produk mereka mengandung zat arang dan ada batas konsumsi, jangan terlalu banyak.

Penggunaan Arang Bambu Untuk Makanan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.