Pabrik Arang Batok Kelapa adalah salah satu tempat pembuatan arang yang dijadikan lahan bisnis di Indonesia. Briket arang batok kelapa yang berasal dari Indonesia pada dasarnya adalah suatu limbah, tetapi dari hasil limbah inilah kita bisa mengexport arang terbaik dari indonesia. Contohnya seperti negara China dan negara Amerika, mereka selalu membeli arang batok kelapa ini dari negara kita. Mereka memilih untuk mengambil arang dari Indosia karena arang dari Indonesia memiliki energi yang tinggti yaitu anatara 7.340 kalori. Dan energi tersebut lebih panas jika dibandingkan dengan pembakar dari bahan lain seperti kayu. Jadi sudah tidak diragukan lagi bila banyak negara di dunia mengincar dan membeli arang batok kelapa ini dari tuan rumah Indonesia.

Tempat-tempat Pabrik Arang Batok Kelapa di Indonesia sendiri tempatnya ada di daerah daerah yang mayoritas penghasil kelapa, seperti kalimantan, sumatra, jawa dll. Pembuatan arang barok kelapa ini ada 2 proses, yaitu menggunakan cara tradisional atau menggunakan kiln. Berikut ini adalah cara membuatan arang batok kelapa di pabrik yang menggunakan cara tradisional. Pertama Lobang atau biasa disebut dapur pengarangan yang sudah ada, diisi dengan tempurung kelapa hingga kurang lebih setinggi kurang lebih 30 cm, kemudian tempurung tersebut siap dibakar. Bila dirasa lapisan tempurung yang tadi dimasukkan ini mulai terbakar sempurna, lalu dimasukkan lagi temprung kelapa yang baru diatasnya hingga setinggi pemasukan yang pertama. Lakukan terus menerus hingga lobang dapur tersebut penuh. Dan selanjutnya lobang/dapur di tutup rapat.

Proses selanjutnya pembuatan tradisional Pabrik Arang Batok Kelapa yaitu, di bagian tengah lobang pembakaran tadi diletakkanlah sebuah bambu atau kayu yang berdiameter sekitar (diameter 20-20 cm) dengan tegak dan pastikan letaknya ada di tengah lubang, kemudian bambu tadi selanjutnya diisi tempurung kelapa sampai penuh dan tidak ada celah. Kemudian bambu yang menancap dicabut perlahan-lahan untuk membentuk lobang kecil di tengahnya. Selanjutnya di dasar lobang tadi dimasukkan abut atau daun yang sudah dibasahi dengan minyak tanah, dan dibakar lagi dalam proses pemanggangan yang kedua. Lubang pengarangan tersebut harus di tutup rapat. Pemanggangan ini dilakukan untuk mengeluarkan asap dari sisa-sia pemakaran itu tadi, biasanya 2 kali dalam sehari tutup  tersebut akan dibuka. Proses pengarangan ini biasanya akan  berlangsung kurang lebih  5-7 hari.

Proses selanjutnya pembuatan di Pabrik Arang Batok Kelapa menggunakan kiln. Cara pembuatanya yaitu:

  • Kiln harus diisi dengan tempurung batok kelapa sepadat dan serapat mungkin. Kiln yang umum dan dibuat dari drum-drum bekas ini sebenarnya dapat diisi sekitar 90 Kg tempurung batok kelapa.
  • Selanjutnay Lobang udara pada baris pertama dan juag di kedua dari atas harus ditutup. Setelah itu si pembakar menuju, ke dalam dasar ruang pembakaran untuk memasukkan “kassa api pertama” yaitu denagn cara memasukkan bahan-bahan yang mudah terbakar. Seperti daun daunan kering, sabut dll yang tentunya sudah dibasahi dengan minyak tanah, dan kemudian mulai dibakar. Selanjutnya kiln di tutup rapat.
  • Segera saja setelah tempurung yang ada pada dasar kiln terbakar, dan kemudian api mulai naik serta merambat ke bagian atas kiln, pembakar harus memnutup lobang ketiga tersebut dengan rapat. Sementara itu, selanjutnya  lobang baris kedua yang tadi menutup harus dibuka. Demikian  dilakukan secara terus menerus sampai ke lobang baris pertama  atau paling atas.
  • Selama pembakaran berlangsung, volume arang yang dibakar akan berkurang, karena itu maka sipembakar bisa menambah tempurung untuk memenuhi volume ruang pengarangan agar volume dalam kiln tidak menganga secara sia-sia.

 

Untuk pengemasakn Pabrik Arang Batok Kelapa biasanya Setelah selesai, Arang yang belum terbakar utuh dibakar lagi. Arang yang telah terbakar secara sempurna diayak menggunakan nanyaman kawat yang lobangknya sekitar 0,6-1,0 cm untuk memisahkan material lain seperti tanah, debu dan kerikil. Arang tersebut akan dibiarkan pada udara terbuka selama 12-15 hari sebelum dikemas. Dan untuk tahap terakhir arang dikemas di dalam bentuk kantung plastik, atau karung goni. Demikian tadi adalah sedikit banyak ulasan mengenai pembuatan arang yang ada di Pabrik Arang Batok Kelapa Indonesia. Bagi Anda yang ingin berbisnis, mungkin informasi diatas bis dicoba.  Semoga bermangaat.

 

Incoming search terms:

  • pabrik arang di jepara
Mengetahui Cara Pembuatan Arang Di Pabrik Arang Batok Kelapa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.